SEHAT ITU PENTING

Minggu, 06 Mei 2012

BAHAYA BEHEL PALSU






Meskipun fungsi utamanya bukan sebagai kosmetik, tapi pada kenyataannya banyak orang menjadikan behel sebagai aksesoris. Bentuk serta bahan yang unik, menjadikan kawat yang memagari gigi ini menjadi penghias gigi. padahal tidak semua orang membutuhkan behel.

Behel atau kawat gigi (bahasa inggris: dental braces) adalah salah satu alat yang digunakan untuk meratakan gigi. Menurut jenisnya, bracket (bagian yang menempel pada gigi) pada behel bertujuan untuk estetika atau kosmetik ada yang bisa dilihat dan tidak. Mekanismenya yaitu behel mengatur, mendorong dan menahan pergerakan gigi. Perawatan ortho bertujuan untuk memperbaiki fungsi bicara, estetika muka, sudut bibir, rahang, dan senyum.

Pada saat ini, pemasangan kawat gigi boleh di katakan sebagai ladang penghasilan yang menggiurkan. Pemasangan kawat gigi yang seharusnya hanya dilakukan oleh seorang dokter gigi spesialis orthodonti, bukan oleh dokter gigi spesialis lainnya, atau malah oleh seorang  dokter gigi non spesialis. Menariknya lagi, bagi mereka yang bukan dokter gigi pun nekat membuka praktek dengan kabel "Ahli Gigi, terima pasang kawat gigi".

Maraknya tren penggunaan behel dan di tambah lagi oleh minimnya pengetahuan masyarakat tentang behel yang benar membuat banyak orang berani memasangkan behel kepada sembarang orang. Tren pemakaian behel yang dikaitkan juga dengan gaya hidup dan fasion membuat banyak orang nekat memakai behel walau pun sebenarnya ia tidak memerlukannya. Lebih parahnya lagi, sebagian diantara mereka malah nekat memasang di tempat yang asal murah yang penting gaya.


Prosedur Pemasangan Behel Yang Benar:
  • Pada proses pemasangan behel yang dilakukan oleh seorang orthodontis, proses diawali dengan pemeriksaan secara visual. Struktur gigi pasien dilihat dengan mata telanjang, untuk menentukan apakah penggunaan bracket memang disarankan atau tidak. Jika ya, jenis bracket seperti apa yang sesuai dengan kasus gigi pasien.
  • Proses selanjutnya  pasien harus melakukan foto rontgen gigi, guna melihat struktur gigi di dalam gusi.
  • Selanjutnya foto menggunakan kamere yang berguna sebagai dokumentasi dan perbandingan ketika proses perawatan sudah selesai.

Ingat, salah satu hasil akhir yang harus dicapai dari perawatan orthodonti adalah membuat gigi bisa menjalankan fungsi kunyah dengan baik dan benar.




Cara Memelihara Behel Dengan Benar:
  • Sebaiknya gunakan sikat gigi khusus orthodontik atau sikat gigi dengan bulu sikat yang lembut.
  • Sikat gigi lebih lama dari biasanya.
  • Sikat sela-sela gigi (area antara gigi dengan kawat) dapat mencegah plak dan bau mulut.
  • Hindari mengkonsumsi makanan yang keras dan lengket untuk mencegah bengkok, patah atau lepasnya kawat.
  • Hindari makanan yang berdampak karies gigi tinggi terutama yang mengandung gula tinggi. 
  • Kumur dengan obat kumur yang mengandung flouride, dapat mencegah terjadinya karies gigi.
  • Kunjungi dokter gigi secara teratur.


Secara mekanika, penggunaan kawat gigi pasti akan dapat menggeser susunan gigi yang ada sekarang. Gigi-gigi yang ada akan dipaksa mengikuti lengkungan kawat gigi yang tentunya berbentuk ideal.





Bahaya Memakai Behel Palsu
  • Akibat pemasangan behel oleh bukan ahlinya, maka akan dapat terjadi pergeseran gigi-gigi pada rahang atas ataupun bawah yang tidak normal, artinya gigi-gigi dirahang atas tidak dapat menggigit sempurna dengan gigi-gigi dirahang bawah ataupun sebaliknya.
  • Perubahan struktural pada bentuk wajah yang diakibatkan oleh susunan gigi pasien yang abnormal, misalnya wajah tidak simetris.
  • Dapat menyebabkan infeksi.
  • Pada umumnya behel palsu tidak lengkap mencantumkan spesifikasi, nama dan asal produknya. Apa bahaya produk tersebut? Sebagai contoh bracket logam, kandungan logam di bracket gigi tidak boleh mengandung nikel. Nikel yang tertelan bersama air liur dapat memicu kanker.

Jadi, hati-hatilah dalam memilih behel. Lebih baik langsung ke dokter gigi dan minta dipasangkan behel pilihan dokter gigi tersebut. Mungkin dari segi biaya akan lebih mahal, tetapi pastilah lebih aman dan terjamin kualitasnya. Jangan hanya tergiur dengan harga yang murah saja. 








Dikutip dari:








Tidak ada komentar:

Posting Komentar