SEHAT ITU PENTING

Senin, 06 Februari 2012

KONSUMSI TOGE DAN KUALITAS SPERMA



Siapa yang tidak mengenal Toge?
Ya, jagoan putih berekor ini memiliki nilai gizi yang cukup tinggi, ekonomis dan mudah didapat. Toge merupakan kecambah yang berasal dari biji kacang hijau, kacang-kacangan yang termasuk ke dalam kelas Leguminosae ini merupakan tanaman dikotil (memiliki dua keping biji) yang kaya akan zat gizi sebagai cadangan makanan bagi embrio selama germinasi (proses berkecambah).Toge merupakan sayuran tunas kacang hijau (phaseolus aureus; latin) yang memiliki bagian putih dengan panjang hingga tiga centimeter. Bentuk kecambah diperolah setelah biji diproses selama beberapa hari. Bentuk toge memang tergolong kecil dibandingkan dengan jenis sayuran lain. Meskipun begitu, tumbuhan ini memiliki kandungan manfaat yang tidak kecil.


Kandungan Toge
Toge mengandung banyak sekali senyawa fitokimiawi yang sangat berkhasiat. Salah satunya adalah kanavanin (canavanine), yaitu suatu jenis asam amino bahan penyusun arginin yang paling banyak tersimpan dalam toge. Jika dibandingkan dengan bijinya, kecambah atau toge lebih bergizi. Protein toge lebih tinggi 19 persen dibandingkan dengan kandungan protein dalam biji aslinya. Hal ini disebabkan, selama proses menjadi kecambah, terjadi pembentukan asam-asam amino esensial yang merupakan penyusun protein.
Toge juga mengandung estrogen, saponin, kalsium, potasium, besi, fosfor, seng, asam folat, vitamin B, vitamin C, dan vitamin E.


Manfaat Toge Bagi Kesehatan
Banyak sekali manfaat yang dapat kita peroleh dari tumbuhan yang kecil ini, diantaranya adalah:
Mencegah Kanker
Proses menjadi toge telah menguraikan 90 persen rantai polisakarida menjadi karbohidrat sederhana, sehingga senyawa tersebut mudah sekali diserap tubuh, tanpa menghasilkan gas. Karena mengandung banyak serat dan air, toge membantu mengeluarkan kotoran dalam usus besar. Hal ini menjadi kekuatan ganda toge dalam memerangi kanker. Dengan mendorong kotoran segera meinggalkan usus besar, sehingga tidak ada lagi zat-zat racun dalam kotoran yang dapat diserap tubuh. Dan ini akan mencegah penumpukan zat racun yang dapat merangsang berseminya benih kanker.
Mencegah Serangan Jantung dan Stroke
Para penyandang resiko serangan jantung dan stroke yang banyak disebabkan karena kadar lemak darah meningkat, dianjurkan untuk lebih banyak makan toge. Hal ini disebabkan, saponin dalam toge akan mengahancurkan lemak jahat LDL tanpa megganggu kandungan lemak baik HDL.
Mencegah Osteoporosis
Estrogen alami yang terdapat dalam toge dapat berfungsi sama dengan estrogen sintetis, tetapi keunggulannya estrogen alami tidak memiliki efek samping. Sehingga estrogen dalam toge secara nyata dapat meningkatkan kepadatan tulang, susunan tulang dan mencegah keroposnya tulang.
Meningkatkan Daya Tahan Tubuh
Saponin toge juga dapat membangkitkan sistem kekebalan tubuh, yaitu dengan cara meningkatkan aktivitas sel pembunuh alami (natural killer cell), khususnya sel T-limfosit dan interferon. Selain sarat DNA, toge kaya akan zat antioksidan yang melindungi tubuh dari radikal bebas perusak sel DNA.
Manfaat Lainnya
Karena bersifat alkali (basa), maka toge sangat baik untuk menjaga keasaman lambung dan memperlancar pencernaan.
Taoge juga baik untuk kecantikan, yaitu membantu meremajakan dan menghaluskan kulit, menghilangkan flek-flek hitam pada wajah, menyembuhkan jerawat, menyuburkan rambut dan juga melangsikan tubuh.


Manfaat Toge Bagi Fitalitas
Yang berperan dalam Fitalitas adalah kandungan vitamin dalam toge itu sendiri.
Vitamin B
Vitamin B dapat membantu proses pencernaan glukosa. Ketika glukosa telah dihasilkan, maka dia akan memberi masukan pada sel-sel syaraf termasuk sel syaraf pada organ-organ kesuburan pria.
Vitamin C
Vitamin C ini berfungsi untuk kesuburan (fertilitas) pria. Jika kurang dalam mengonsumsi vitamin C ini dapat mengakibatkan sel sperma menjadi lengket yang akan menggangu pembuahan sel telur karena sel sperma akan sulit mencapai sel telur.
Vitamin E
Vitamin ini dikenal untuk kesuburan karena berfungsi dalam pembentukan testoteron yang diperlukan untuk pembentukan sperma. Antioksidan yang terdapat dalam vitamin E ini juga dapat melindungi sel-sel telur (spermatozoa) dari berbagai kerusakan akibat serangan radikal bebas.


Bagaimana Cara Mengkonsumsinya
Toge Sebaiknya di konsumsi dalam keadaan matang, bukan mentah. Hal ini dimaksudkan agar konsumen tidak terkena bahaya E. coli ataupun bahaya bakteri lainnya.
Untuk mencegah kemungkinan infeksi bakteri membahayakan, setidaknya ada tiga langkah yang dapat dilakukan. Pertama, hindari makan makanan yang mentah serta cuci sayuran dengan air matang untuk mengurangi jumlah bakteri.  Kedua, memasak makanan/ minuman dengan benar, sampai matang. Ketiga, cuci tangan dengan air dan sabun sebelum makan.



Dikutip dari:
- http://www.kaskus.us/showthread.php?t=459043 
- http://www.kapanlagi.com/a/0000002644.html
- compas.com