SEHAT ITU PENTING

Senin, 30 Juli 2012

MAKANAN YANG HARUS DIHINDARI SAAT BERPUASA




Bagi anda yang sedang menjalankan ibadah puasa sebaiknya Anda memperhatikan pola makanan Anda saat berbuka dan sahur, karena ini dapat berdampak pada kenyamanan saat berpuasa dan dapat pula menyebaban daya tahan tubuh Anda menurun. Untuk menjaga kondisi tubuh saat berpuasa, asupan makanan saat berbuka dan sahur harus lah bergizi dan seimbang sehingga menjadikan tubuh tetap fit dan tidak lemas. Berikut ini akan dibahas “Pentingnya” menghindari beberapa jenis makanan disaat bepuasa serta akan dibahas pula beberapa jenis makanan yang baik saat dikonsumsi saat berpuasa.



Beberapa makanan dan minuman yang dapat dihindari saat Berpuasa:
  1. Makanan yang digoreng dengan minyak dalam jumlah banyak dan panas.
  2. Makanan dengan kadar lemak tinggi seperti kulit ayam, santan, jeroan, daging berlemak dll.
  3. Makanan yang mengandung cuka, terlalu pedas dan mengandung merica karena jenis makanan ini secara langsung dapat merusak dinding lambung.
  4. Takjil manis berlebihan, minuman bersoda, kopi dan minuman yang tingkat keasamannya cukup tinggi. Minuman ini dapat menimbulkan perut kembung karena soda mengandung gas dan nyeri lambung (magh) karena minuman asam dapat meningkatkan keasaman lambung sehingga dapat menimbulkan nyeri lambung.
  5. Hindari mengkonsumsi permen (terutama permen karet) dan merokok karena dapat meningkatkan keluarnya asam lambung.

Beberapa makanan dan minuman yang baik dikonsumsi saat berbuka dan Sahur:
  1. Minumlah minuman yang manis (jangan terlalu manis) dan hangat seperti teh hangat ataupun sirup hangat.
  2. Memakan beberapa biji kurma sesuai dengan sunnah Rasulullah SAW.
  3. Awali berbuka dengan makanan yang ringan terlebih dahulu.
  4. Selain sayuran dan danging segar, makanan yang baik disantap pada saat berpuasa adalah makanan yang tidak mengandung bahan pengawet dan penyedap makanan.
  5. Perbanyak meminum air putih (8 gelas perhari) untuk mengganti cairan yang hilang pada saat berpuasa.
  6. Konsumsi vitamin.
  7. Konsumsi menu dengan karbohidrat kompleks yang banyak terkandung dalam gandum dan beras merah. Jenis makanan ini dapat menstabilkan gula darah dan membuat efek kenyang yang lebih lama.

Demikian ”Pentingnya” menilai makanan apa yang baik dan tidak baik dikonsumsi saat puasa. Disiplin mengkonsumsi makanan dan minuman yang baik pada saat puasa akan membuat kita tetap sehat dan bugar serta tidak cepat lemas.

Semoga bermanfaat...
Sumber:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar